Langsung ke konten utama

SKORING TES KRAEPLIN (buat anak psikologi yg msh bingung sama hitungan manual kraeplin) :-)



SKORING TES KRAEPLIN

     Perhitungan Kreplin :

y
f
fy
d
fd
1
18
6,78
6,78
17
1
17
5,78
5,78
14
1
14
2,78
2,78
13
8
104
1,78
14,24
12
13
156
0,78
10,14
11
7
77
0,22
1,54
10
11
110
1,22
13,42
9
5
45
2,22
11,1
7
2
14
4,22
8,44
6
1
6
3,22
3,22
Total
Sf= 50
Sfy= 561

Sfd= 77,44

y          = skor yang betul, urutkan dari yang terbesar sampai terkecil
f           = frekuensi skor yang betul
fy         = perkalian f dengan y
d          = defiasi
d          = | y – mean |

M  = Sfy
                N   
    = 561
              50
    = 11,22


1)    Panker(kecepatan kerja)
mean = S fy
              N
         = 11,22
2)    Tianker (ketelitian kerja)
          = S errors + S skippeds
          = 7 + 0
          = 7
3)    Janker (keajegan kerja)
a)    Range = skor tertinggi – skor terendah
           = 18 – 6
           = 12
b)   av.dev. = S fd
                N
          =  77,44
                50
          = 1.55

X
Y
x2
xy
1
17
1
17
2
18
4
36
3
9
9
27
4
12
16
48
5
12
25
60
6
13
36
78
7
14
49
98
8
13
64
104
9
12
81
108
10
9
100
90
11
10
121
110
12
10
144
120
13
11
169
143
14
11
196
154
15
11
225
165
16
12
256
192
17
11
289
187
18
9
324
162
19
13
361
247
20
13
400
260
21
12
441
252
22
10
484
220
23
10
529
230
24
12
576
288
25
7
625
175
26
10
676
260
27
10
729
270
28
10
784
280
29
12
841
348
30
12
900
360
31
13
961
403
32
10
1024
320
33
11
1089
363
34
10
1156
340
35
12
1225
420
36
6
1296
216
37
11
1369
407
38
11
1444
418
39
10
1521
390
40
12
1600
480
41
13
1681
533
42
10
1764
420
43
12
1849
516
44
7
1936
308
45
9
2025
405
46
13
2116
598
47
12
2209
564
48
13
2304
624
49
9
2401
441
50
12
2500
600
S x=1275
S y=561
S x2=42925
S xy=13855


4)     Hanker (ketahanan kerja)
   = x 50 – x1
Pada titik x 50 dan x1 terdapat garis persamaan
y = a + bx

           b = N S xy – (S x) (S y)
                  N S x2  - (S x)2
                  = 50 . 13855 – (1275)(561)
                  50 . 42925 – (1275)2
         
           =     692750 – 715275 
                2146250 – 1625625
           
              = -  42525
                   520625
              = - 0,08

          a = mean y – (b. mean x)
           = S y – ( b. S x )
               N             N
           = 561 – (-0,08 . 1275 )
               50                  50
           = 11,22– (- 0,08 . 25,5 )
           = 11,22 -(-2,04)
           = 13,26

à  x 50
          y = a + bx50
             = 13,26 + (-0,08)(50)
             = 13,26 + (-4)
             = 9,26
à  x0
          y = a + bx0
             = 13,26 +(- 0,08)(0)
             = 13,26

Hanker = x50 – x0
          = 9,26– 13,26
          = - 4



Bismillah, Semoga Bermanfaat........

Komentar

  1. cara mencari deviasinya gmna ya bang?

    BalasHapus
  2. caranya y - mean
    nah anda harus cari mean dulu dengan rumus jumlah fy/N
    misal 561/50 = 11,22.
    nah kalo sudah dapet meannya. baru cari deviasinya
    bgt kira kira

    BalasHapus
    Balasan
    1. fd itu dapet darimana?

      Hapus
    2. bantu jawab mas, penejelasan dari masnya yang di atas.
      jadi gini gimana sih cara kita mendapatkan deviasinya atau "d" nya itu.

      1. caranya : "y - mean" . nah.., cara dapatkan meannya dari mana ?
      2. caranya : (fy) : (N) = "Mean"
      3. di tabel itu sudah ada contohnya dan hasilnya bagian total. dilihat total "fy" (561) : "f" (50) = 11,22 (mean).
      4. kembali ke no 1. yakni cara mendapatkan deviasi. "y" (18) - 11,22 (mean) = 6,78., dan seterusnya.

      Hapus
  3. Saya heran saja, tes-tes yang sifatnya rahasia kok dipublikasikan ke publik ? Ini kan melanggar kode etik profesi psikologi. Keuntungan apa yang anda dapatkan dari blog ?

    BalasHapus
  4. Rahasia hanya Allah SWT yang punya masbro...keuntungan yang didapat penulis dari blog adalah upah yang besar di Sorga dengan membagikan ilmu untuk dapat dikembangkan oleh yang lain nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membagikan ilmu tidak oleh pakar ilmu bersangkutan dan tidak resmi atau mendapat izin dari HIMPSI dapat dikenai sanksi kode etik. Hati-Hati

      Hapus
  5. f didapatkan dari mana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tau belum kak nilai Fnya dari mana? Mohon bantuannya

      Hapus
  6. tabel yang pertama kok cuman 10 baris, padahal soalnya kan 50 ?

    BalasHapus
  7. mohon maaf mau tanya, nilai F itu darimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu udh tau belum nilai Fnya dari mana ya? Mohon bantuannya

      Hapus
  8. nilai X dan Y dari hanker yang dalam tabel dilihat dari mana kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak yunita aku mau tanya, kamu punya lembar skoring kraeplin nggak ya? punya ku nggak ada yang kosong buat di foto kopi >,<

      Hapus
    2. itu kayaknya tabel acuannya kak

      Hapus
    3. Kalau nilai F itu dari mana ya kak?

      Hapus
  9. selamat pagi pak, apa punya lembar skoring untuk kraeplinnya yang berbentuk pdf? saya punya untuk foto kopiannya, tapi ternyata yang belum di isii ini udh abis

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berbagi tentang PROBLEM SOLVING, Semoga bermanfaat... :-)

Pemecahan masalah (problem solving) didefinisikan sebagai suatu proses penghilangan perbedaan atau ketidaksesuaian yang terjadi antara hasil yang diperoleh dan hasil hasil yang diinginkan ( Hunsaker : 2005 ). Sedangkan Mu’Qodin ( 2002 ) mengatakan bahwa problem solving adalah merupakan suatu keterampilan yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi, menganalisa situasi, mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif tindakan, kemudian mempertimbangkan alternatif tersebut sehubungan dengan hasil yang dicapai dan pada akhirnya melaksanakan rencana dengan melakukan suatu tindakan yang tepat. Berdasarkan dari beberapa definisi problem solving yang dikemukakan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa problem solving merupakan suatu keterampilan yang meliputi kemampuan untuk mencari informasi, menganalisa situasi dan mengidentifikasi masalah dengan tujuan untuk menghasilkan alternatif sehingga dapat mengambil suatu tindakan keputusan untuk mencapai sasaran. Pr

Skala Kepemimpina Untuk RS

     Nama                                                                   : ___________________ ( Boleh Inisial)      Jenis Kelamin                                                      : Laki-laki/ Perempuan * (pilih salah satu)      Umur                                                                    : ____ ________ _______ _______      Pendidikan Terakhir                                             : ____ ________ _______ _______      Pekerjaan                                                            : ___________________ _______      Lama Kerja                                                         : ___________________ _______               PETUNJUK CARA PENGISIAN Di dalam angket ini terdapat beberapa pernyataan. Bacalah setiap pernyataan dengan seksama, kemudian pilihlah satu jawaban di antara empat alternatif jawaban berikut yang menurut anda paling sesuai atau mer